√ Selisih Waktu Indonesia Dengan India

Selisih waktu indonesia dengan New Delhi India
Peta jarak antara Indonesia dan India
India, ketika Anda mendengar nama Negara ini maka akan ada banyak hal yang terlintas di benak Anda. Misalnya seorang Aktor tampan berdarah India yang tersohor, yaitu Shahrukh Khan. Kemampuan akting yang dimilikinya berhasil memikau hati para penikmat film. Sehingga hal itu juga turut serta mendongkrak popularitas India di mata dunia.

Di samping memiliki sejumlah aktor tampan, India juga memiliki beragam hal lain yang dapat dipelajari. Seperti kebudayaan, adat, bahasa, makanan tradisional, maupun perbedaan waktu Indonesia dengan India. Salah satu hal unik yang ada di India adalah festival Diwali. Festival ini bahkan dianggap sebagai festival terbesar yang ada di negara tersebut, serta juga berhasil menyedot perhatian para pelancong dari negara-negara tetangganya.

Posisi Geografis India

Secara geografis, Negara ini masih berada di kawasan Benua Asia. India juga berbatasan langsung dengan beberapa negara lain, seperti Cina (sebelah utara), Myanmar (sebelah timur), Sri Langka (sebelah selatan), dan Pakistan (sebelah barat). Sebelum dikenal hingga saat ini, ternyata India sempat mengalami masa-masa yang sulit. Selama lebih kurang 300 tahun mereka di jajah oleh Inggris, lalu merdeka pada tahun 1947.
selisih waktu indonesia dan india
Gambar Taj Mahal di India
Terkait dengan Indonesia, India ternyata memiliki jarak yang cukup jauh. Untuk sampai ke negara yang terkenal juga dengan bangunan Taj Mahal ini, Anda harus menempuh penerbangan selama 10 jam. Waktu penerbangan itu pun merupakan waktu yang paling cepat dengan 1 kali transit. Dengan kata lain, Anda bisa saja melakukan penerbangan yang lebih lama akibat dari berbagai faktor.

Berapa perbedaan waktu Indonesia dengan India ?

Terkait dengan selisih waktu, ternyata antara Indonesia dengan India memiliki perbedaan yang tidak terlalu besar. Selisih waktu Indonesia dengan India adalah sekitar 1,5 jam saja. Indonesia diketahui lebih cepat 1.5 jam dari waktu yang ada di India. Hal itu berarti ketika Indonesia telah menunjukkan pukul 00.00 WIB, maka di India saat itu masih berada di pukul 22.30 WIB.
Rumusnya "Indonesia lebih cepat" :
  • India pakai GMT+5:30 (5.1/2)
  • Indonesia pakai GMT+7
Waktu Indonesia bagia barat (WIB) GMT+7 selisih : 1.5 jam
Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) GMT+8 selsisih : 2.5 jam
Waktu Indonesai bagian Timur (WIT) GMT+9 selisih : 3.5 jam
Meskipun Selisih waktu Indonesia dengan India ini tidak terlalu besar, namun tetap saja hal ini harus Anda perhatikan. Sebab bisa saja perbedaan waktu tersebut dapat mempengaruhi aktivitas Anda saat berada di negara ini (India). Selain itu, perbedaan waktu juga dijadikan oleh sebagian orang sebagai dasar untuk berkomunikasi. Hal ini bertujuan agar ketika bermaksud menghubungi kerabat yang ada di India, mereka tidak sampai mengganggu aktivitas dari kerabatnya tersebut. Maka dari itu, pengetahuan tentang selisih waktu ini ada baiknya untuk dipelajari.

Demikianlah informasi seputar Selisih waktu Indonesia dengan India yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas tadi ada yang bermanfaat bagi Anda. Ingatlah pula untuk selalu menghargai waktu yang Anda miliki saat ini, sebab waktu tidak dapat dimundurkan atau pun dimajukan sedetik pun.
perbedaan waktu indonesia dengan india mumbai, perbedaan waktu jakarta dan new delhi, jam berapa di india saat ini, perbedaan waktu indonesia bagian barat dengan india, jam berapa sekarang di new delhi, jarak antara indonesia dan india, jam berapa sekarang di mumbai, berapa jam penerbangan dari indonesia ke india, selisih waktu indonesia india, waktu dan jam new delhi india sekarang